Selasa, 19 Agustus 2014

VbV (Verified by Visa) 3D Secure Code : Alternatif Pembayaran Jika Tidak Punya Kartu Kredit


tiket airasia zest yang saya booking pakai VbV, yang tidak jadi saya terbangi :p

Kabar gembira bagi yang tidak memiliki kartu kredit, tapi ingin transaksi di merchant yang biasanya require kartu kredit untuk transaksi. Saya sendiri baru tahu fitur ini akhir tahun yang lalu saat sedang ngaskus. Sebagai mahasiswa dan belum punya pendapatan stabil dan tetap, punya kartu kredit rasa-rasanya belum jadi kebutuhan bagi saya (lagian siapa juga yang mau bayar tagihannya :p). Doyannya saya dengan jalan-jalan kadang terhambat dengan urusan booking-membooking seperti penginapan dan tiket pesawat ataupun bus sehingga kadang minta tolong orang yang menyediakan jasa booking pakai kartu kredit dengan sejumlah fee.

Sampai akhirnya Bank Mandiri meluncurkan fitur VbV (Verified by Visa) 3D Secure Code yang memungkinkan kita transaksi ala kartu kredit, akan tetapi saldo kita langsung di debet. Jadi sebenarnya ini pembayaran model debet dengan metode kartu kredit (masukin macam-macam data). Karena saya pengguna Bank Mandiri, hal yang pertama saya lakukan adalah mencari merchant yang bergabung dengan fitur ini, lumayan banyak sih merchantnya.

Syarat utamanya daftar VbV 3D Secure Code gampang kok. Yang jelas anda pengguna jasa Bank Mandiri dan punya kartu debit mandiri (Silver, Gold, atupun Platinum), dan juga punya nomor handphone aktif. Setelah syarat-syarat tersebut terpenuhi, kalian harus datang ke Kantor Cabang Mandiri terdekat buat daftarin nomor handphone yang mau dibikin buat daftar VbV, jangan lupa bawa juga buku tabungannya. Di Customer Service, bilang aja mau daftar VbV 3D Secure Code, mereka langsung tau dan nanti dikasih formulir yang diisi oleh kita sendiri dan yang penting ada nomor handphonenya. Selesai daftar di CS, kita tinggal nunggu 2 hari kerja dan fitur Mandiri VbV 3D Secure Code sudah bisa dipakai. Oiya, daftarnya gratis alias tanpa pungutan. 

Cara Kerja VbV 3D Secure Code

3 harian setelah daftar, saya cobain booking tiket pesawat airasia dengan rute luar negeri yang notabene ga bisa dibayar pakai debet klikbca. Waktu itu saya booking tiket airasia dari Manila ke Kuala Lumpur.

1. Booking tiket seperti biasa. Yang sering booking airasia pasti udah pada ngerti deh.

2. Sampai bagian payment pilih pembayaran menggunakan Kartu Kredit

3. Nah setelah pilih payment method pakai kartu kredit keluarlah isian data seperti ini

isi data kayak ngisi data bayar pake CC
4. Nomor kartu diatas maksudnya nomor kartu debet kalian yang 16 angka, kemudian nama dan tanggal kadaluarsa juga jangan lupa diisi. Untuk kolom Nomor CVV/CID adalah 3 angka dibalik kartu debet yang letaknya tersendiri setelah 16 nomor debet.

5. Kelar ngisi data, situs merchant akan langsung redirecting ke web mandiri vbv 3d secure code.

langsung ke proses ke web mandiri secure code

6.  Habis itu dapet OTP (on time password) yang dikirimkan ke ponsel kalian yang udah didaftarin, lalu  dimasukkin ke web mandiri vbv tadi.

OTP dikirim ke nomor handphone yang udah didaftarin




masukin deh OTP yang dikirim ke hp ke kolom kode otorisasi

7. Tunggu transaksi selesai, jangan di closed windowsnya.Transaksi akan berhasil kalo lancar.


Beberapa kali menggunakan fitur VbV 3D Secure Codenya Bank Mandiri,saya kadang berhasil, kadang juga enggak. Waktu beli tiket Johor - Yogya, pakai VbV gagal, namun iseng-iseng nyoba saya ganti mata uang ke PHP (Peso Filipina), eh malah bisa. Fasilitas ini Tidak bisa sama sekali saya gunakan waktu booking maskapai Cebu Pacific Air, Philippine Airlines, dan Malaysia Airlines, padahal sudah masukin kode otorisasi (OTP) berkali-kali dan juga di maskapai-maskapai tersebut sudah ada logo VbV 3D Secure Code. Tanya ke-na-pa?

Tidak ada biaya untuk fasilitas ini, namun untuk kurs yang di charge, akan mengikuti Visa sehingga untuk info kurs buka situsnya Visa dulu sebagai bahan perhitungan.

2 komentar:

  1. Hai, makasih udah sharing tentang ini. Kebetulan aku lagi nyari2 info hehehe.
    VbV (Verified by Visa) 3D Secure Code ini aktifnya 1 hari setelah bikin ya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai juga mbak, btw untuk aktifnya 1x24jam..

      Hapus

don't forget to leave a comment