Rabu, 11 Juni 2014

Jetstar Flight From KUL to SIN


KLIA Main Terminal
Post kali ini cuma membahas bagaimana pengalaman pas naik Jetstar ke Singapura. Saya sendiri baru tau maskapai ini setelah sering jalan-jalan. Sebenarnya perjalanannya sendiri sudah lama, sekitar tahun 2013 kemarin saat saya ke Malaysia bersama teman-teman. Dapat tiket ke Malaysia, sebenarnya kami berencana pergi ke Singapura dengan jalur darat. Tanya-tanya dengan beberapa teman yang pernah ke Singapura, harga naik bus sekitar 150ribuan dengan tempo 5 jam perjalanan, jika naik kereta maka 8 jam. 2 pilihan tersebut pun masuk ke dalam list kami, maklum, mahasiswa dan kantong cekak.

Seminggu sebelum berangkat, belum ada titik temu bagaimana menuju Singapura. Teman-teman sendiri jawabannya pasti terserah dan yang penting murah. Setelah riset, pakai jalur darat lumayan ribet juga karena harus melewati imigrasi Malaysia dan Singapura dalam waktu berdekatan di border. Lihat situs si merah, harganya saat itu kurang cocok, si kuning juga sama saja.
Akhirnya ngecek web Jetstar, dapatlah penerbangan dari Kuala Lumpur ke Singapura dengan harga MYR 65 per orang dengan base fare MYR 0. MYR 65 itu sebenarnya pajak-pajak dan dengan kurs saat itu, harganya sekitaran 200ribu rupiah. Wih kapan lagi naik pesawat cuma 200ribu udah termasuk airport tax pula.

gate C25 KLIA

Pas ngusul ke teman-teman, mereka setuju-setuju saja, saya pun nyari pinjeman kartu kredit. Booking sendiri cepat dan ringkas pakai jasa orang ketiga tersebut. Surprisenya, Jetstar pakai KLIA Terminal utama, bukan LCCT seperti Airasia. Cuma satu ga enaknya, jamnya terlalu pagi. Saya masih ingat, nomor penerbangannya 3K-662 berangkat pukul 07.30 waktu Kuala Lumpur. Dengan opsi seperti itu tentu saja kami lebih memilih menginap di bandara. Perlu diketahui, Kuala Lumpur International Airport (KLIA) dan pusat kota Kuala Lumpur jaraknya cukup jauh, sekitar 1.5jam dengan perjalanan darat (bus). Kalo mau lebih cepat, naik KLIA Ekspress, 30 menit sahaja. Tapi ya itu, MYR 35 sekali jalan alias 100ribu lebih.
Jetstar KUL-SIN

 Fast Forward, pukul 05.00 pagi kami menuju check in ke konter Jetstar. Sambil menyerahkan print boarding pass hasil web check in, petugas meminta paspor. Eh dikasih boarding pass baru yang desain dan kertasnya lebih mending daripada thermal paper. Imigrasi lancar, naik aero train lancar, sampailah di gate. Sampai pukul 06.30 pas boarding, penumpang di gate sedikit sekali. Sampai-sampai pas sudah di pesawat, teman saya yang di bagian lorong disuruh mengisi bagian jendela.

seragam FAnya warna oren
melewati hamparan sawit malaysia
Boarding saat itu cepat karena penumpang tidak banyak. Seperti LCC yang lain, tidak disediakan makanan dan minuman kecuali beli. Selain itu, inflight shop mereka juga jual parfum dan asesoris lainnya. Kabinnya standar A320, begitu pula leg room nya. Setelah sekitar 15 menit terbang, pramugari membagikan arrival card Republik Singapura yang harus diisi sebelum lewat imigrasi Singapura. 30 Menit terbang, pesawat mendarat di Singapura. Overall, penerbangan Jetstar nyaman dan bisa dijadikan referensi jika akan bepergian.

2 komentar:

  1. Apakah di timbang g tas/bawaan kita ketika mau masuk pesawat Jetstar.. cuz saya biasanya pek AA di KLIA2,, g ada timbang menimbang brg bawaan, langsung masuk aja... mohon bantuannya .. (mau beli tiket mudik lebaran 2016) xixii..

    thanku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya dulu tidak ditimbang mas. Tapi pas check in disuruh nunjukin tas, trus dikasih bag tag. Kalo ukurannya masih wajar mungkin aman mas. Hehe

      Hapus

don't forget to leave a comment