Sabtu, 21 Juni 2014

Pergi Ke Pasar Bolu Tana Toraja


doc-andrehizkey
peta wisata Tana Toraja dari ibu pemilik penginapan

Melihat namanya, yaitu pasar bolu, saya yakin pada ngiranya pergi buat beli bolu kan? Hehe salah besar. Pasar Bolu yang kami kunjungi ini adalah sebuah Pasar di Kota Rantepao, Kabupaten Toraja Utara. Sebelum melaju kesana, kami nyicil beli oleh-oleh Kopi Toraja di pasar. Pasarnya ada dekat tugu tongkonan di Kota Rantepao.

Enaknya beli kopi di sini, pertama adalah lebih murah. Harga kopi ditentukan pake gelas-gelasan gitu, harganya mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 20.000 tergantung ukuran gelasnya. Asyiknya lagi, kopi bisa langsung diplastikin dan dipress disini sehingga mirip beli di toko gitu. Untuk kopinya sendiri masih berupa biji dan anda bisa juga minta biji untuk dibungkus, harganya sama dengan yang digiling. Pas dipegang plastik bungkusan kopinya, ada rasa hangatnya gitu, fresh from the oven  gitu lah gaulnya.


yok dibeli kopinya
Salah satu rekomendasi saya beli oleh-oleh khas Tana Toraja ya pasar ini. Jangan sungkan-sungkan bertanya dimana penjual kopi, semua pedagang ramah-ramah dan rata-rata bisa Bahasa Indonesia kok. Kalo mau kiloan juga bisa sih, dulu pas saya ke Rantepao akhir bulan September 2013, harga kopi dipatok Rp 70.000 per kilogram, namun pas saya kesana akhir bulan Januari 2014, harga kopi turun jadi cuma Rp 60.000. Karena saya gila kopi, beli perkilo adalah wajib hukumnya, lumayan buat stok 2 bulan.

Kembali ke Pasar Bolu, Letak Pasar Bolu sendiri tidak terlalu jauh dari pusat kota rantepao, jika mengendarai kendaraan bermotor sekitaran 15 menit.Untuk dagangan di pasar bolu, sama sekali tidak ada kue bolu yang dijual, melainkan binatang alias ternak. Ternaknya sendiri tidak sembarang ternak. Komoditas utama di pasar bolu adalah babi dan kerbau.

Setelah sarapan pagi ala kadarnya dan minum kopi asli toraja dari pemilik penginapan, tujuan pertama kami hari itu saat menjelajah toraja adalah pasar bolu. Kenapa pasar bolu? Yep, karena pasar bolu tidak buka setiap hari, info dari ibu-ibu penginapanlah yang menghantarkan kami pagi itu menjadikan pasar bolu sebagai destinasi utama, mumpung masih di Tana Toraja gitu. hehehe.


ini dia pasar bolu
Bagi yang tidak suka bau hewan dan bau tokai binatang, dan juga yang (sok-sokan) tidak suka bau, lebih baik jangan pergi kesini, walaupun saya yakin jika anda turis yang ingin mengenal tempat wisata secara langsung, pasar bolu akan masuk ke dalam list anda. Untuk bau tokai, jangan khawatir sih, babi dan kerbau biasanya makan tumbuhan sehingga bau tokainya masih agak mendingan daripada tokai ayam (yes, ayam makan apapun yang ada sehingga bau taiknya paling bau!) 



Yup, pertama kali menginjakkan tempat ini, bau tokai khas binatang herbivora ada dimana-mana. Pasar tidak begitu ramai di pagi hari. Seperti sudah dijelaskan diatas, babi dan kerbau merupakan komoditi utama di sini. Kerbau dan Babi merupakan hewan penting bagi warga Tana Toraja, hal ini karena kedua hewan tersebut merupakan hewan yang biasa dipakai dalam upacara adat. Upacara Kematian merupakan acara termahal bagi Orang Toraja, apalagi jika kedudukan orang yang meninggal tersebut tinggi, misalnya keturunan bangsawan.

kerbau di pasar bolu

Sedangkan untuk babi, di pasar ini yang saya lihat ada dua jenis babi yang utama, yakni babi hutan yang berwarna hitam, dan babi ternak yang berwarna pink. Dua jenis babi yang juga sering saya jumpai di Samosir. Harga babi sendiri agak murah (yaeyalah banyak lemaknya geto!). Mirisnya, saat itu ada babi yang mau dijual dan diikat pake tali ke kayu penyangga. Babinya teriak-teriak berontak seperti tahu bahwa dia akan jadi bahan santapan. Bagi yang phobia hewan juga jangan takut sama babi, babi setahu gue ga bisa loncat, jadi dibikin kandang pendek juga dia ga akan (pernah) bisa lompat untuk melarikan diri dari kandang dan dari kenyataan hidupnya. 


kerbau belang di pasar bolu

babinya lahap

ini dia primadonanya : kerbau belang

Keliling-keliling pasar dan memang iya, kebanyakan babi dan kerbau yang dijual.Untuk kerbau, banyak sekali kerbau bule alias kerbau albino. Kerbau ini berwarna merah muda seperti warna krem, harganya pun sangat mahal. Kerbau bule alias kerbau albino ini merupakan komoditas primadona di pasar bolu. Kalo mau beli kerbau bule, siapkan duit yang tidak sedikit yak. hehe!~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

don't forget to leave a comment