Minggu, 08 Juni 2014

Makassar : Surga Makanan Enak dan Banyak!



Siapa sih yang tidak suka makan? Untuk makanan-makanan lezat Makassar punya pilihan yang oke punya. Letaknya yang ada di pinggir laut sekaligus membuat Makassar jadi kota pelabuhan yang ramai di Indonesia Timur. Bagi saya, gurih, manis, dan porsi banyak adalah ukuran terenak dalam makan, dan berbagai kuliner di Makassar oke punya dah.

Dimulai dengan Sop Konro Bakar. Sesaat setelah berkunjung ke Makam Sultan Hasanuddin, hari ternyata sudah siang dan perut, seperti biasa..lapar. hahaaha. Saat seorang teman menanyai apa menu untuk siang ini, saya mengusulkan untuk makan sop konro bakar. Saya mengusulkan Sop Konro Bakar karena saat ke Makassar pertama kali, saya tidak nemu tempatnya karena saat itu kebanyakan jalan kaki dan naik transportasi umum, sehingga agak ribet. Saat pergi ke Makassar kali ini, kami ada yang mengantar, jadi tinggal request mau kemana maka akan diantar ke tempat yang recommended. 

Kami diantar makan di Sop Konro Karebosi yang terletak di dekat Lapangan Karebosi. Maklum saat itu sudah siang sehingga tempat ramai orang yang sedang makan siang.
lokasi sop konro bakar karebosi, dekat dengan lapangan karebosi
Kami semua kompak pesan sop konro yang bakar. Tak lama menunggu, makanan yang ditunggu-tunggu datang.
Mantap sekali bah PORSI dan tentu saja RASANYA. Bagi yang belum tau apa itu Sop Konro, Konro merupakan makanan yang berbahan dasar Iga Sapi yang dibakar kemudian dilumuri bumbu kacang (seperti bumbu kacang sate, tapi rasanya tidak seperti bumbu sate karena pakai daging iga sapi). Mantapnya, rasa gurih dan manis jadi satu sehingga ini jadi makanan favorit saya saat ini. Selain itu, ada juga Sopnya yang kental, yang dituangkan dikit-dikit ke nasi dan bisa juga di minum secara tersendiri.Saya mengaku, saya hampir tidak habis karena porsi besarnya. hehehe!

SOP KONRO BAKAR KAREBOSI
Makanan selanjutnya adalah Mie. Saat itu malam-malam setelah nongkrong di pantai losari, kami kelaparan. Teman saya request makan Mie Titi. Saya tidak ngerti jenis makanan apa itu dan hanya mengikuti saja. Namun kami dibawa ke rumah Makan Mie anto di Jalan Bali, Makassar. Apakah ini jenis Mie Titi, saya tidak tahu. Seperti biasa, kami datang pas jam makan sehingga tempat makan Mie Anto ini cukup ramai. Setelah menunggu sekitar setengah jam, tibalah pesanan kami.

lokasi Mie Anto di Jalan Bali, Makassar.
Mie Anto ini merupakan mie yang dimasak pakai kuah kental yang gurih dan ditambahi sayuran seperti sawi. Tekstur mienya sendiri seperti mie lidi, cuma kena kuah sehingga lunak, tinggal tambah sambal, saus dan kecap, maka rasanya semakin mantap. Porsinya guede dan sangat mengenyangkan. Lagi-lagi, saya hampir tidak habis makan makanan ini. Tapi karena enak, saya tetap makan hingga tak tersisa.

mie anto

Makanan selanjutnya adalah Coto Makassar. Kalo yang ini, di Yogya ada yang jual sehingga saya tidak terlalu penasaran. Namun karena mumpung lagi di Makassar, gak afdol kalo tidak nyoba Coto Makassar. Maka di hari terakhir, kami makan Coto Makassar di Coto Makassar Nusantara yang letaknya dekat pelabuhan. Lagi-lagi saya acungi jempol makanan yang satu ini, memang enak makan di tempat aslinya. Kuahnya segar dan gurih, dagingnya dibentuk dadu dan lumayan besar. Saking laparnya saya saat itu, saya tidak sempat memfoto Coto Makassar yang saya makan.


Bagi yang mau ke Makassar, makanan-makanan tersebut wajib masuk ke list anda!

3 komentar:

  1. ijin ambil quote judulmu ya ^^ untuk aku masukin dipostingan blogku ^^

    makassar : surga makanan enak dan banyak - andre, backpacker

    Thanks ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya terima kasih sudah berkunjung, Mbak :))

      Iya, silakan mbak hehe

      salam :)

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

don't forget to leave a comment