Jumat, 13 Juni 2014

Main ke Taman Purba Sumpang Bita, Maros.

bukit kapur yang ditumbuhin tanaman
Lanjooooot lagi nulis tentang perjalanan ke Sulawesi Selatan dan sepertinya akan lebih banyak tulisan lagi beberapa waktu kedepan. Kali ini kita main ke taman purba sumpang bita, letaknya senditri di Kabupaten Maros. Untuk detilnya saya kurang ngerti karena saat itu diantar. Yang saya ingat, dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin lurus terus ke arah utara. Sepanjang perjalanan bakalan ditawari pemandangan Pegunungan Karst yang ga abis-abis. Keren! Karst di Maros yang gue inget adalah salah satu yang terluas di Indonesia, kalo ga salah sih.
seger liatnya
cap cap tangan manusia zaman purba
Puas menikmati suguhan pemandangan pegunungan karst, sampailah di taman purba sumpang bita yang berhawa sejuk. Kami tiba pada sore hari sehingga suasana sepi sekali. Di pintu gerbang ada warung-warung kelontong yang menjual macam-macam barang. Kompleks taman ini sendiri luas. Yes, sangat luas. Dari pintu masuk buat ke tangga masih lumayan jauh, tapi entahlah apakah memang jauh atau saya yang tidak biasa jalan jauh. Di komples taman ini fasilitasnya cukup lengkap, ada mushola, tempat duduk dan kemudian toilet yang sebagian tidak berfungsi.
 
cap burung
Untuk dimana melihat gambar buatan asli manusia zaman purba, kita harus naik lagi. Yeahhh, naik lagi tentu saja. Jangan khawatir seperti naik gunung, karena untuk melihat gambar-gambar ini sudah dibangun tangga dari semen untuk mencapai lokasi. Tangganya sendiri menurut saya tidak banyak dan tidak melelahkan, namun karena kekenyangan dan (sekali lagi) tidak biasa jalan jauh, nafas sudah ngos-ngosan. Istirahat sebentar, merokok, naik tangga lagi. Setelah lihat-lihat karya manusia yang hidup di zaman purba, kami kembali ke bawah. Rutenya sih masih sama. Asyiknya, ada air terjun mini di tengah perjalanan. Saya yang kehausan nekat minum dari air terjun kecil itu. Wih, Segeer! Kabar baiknya, saya tidak mules pasca minum air itu. Dari taman sumpang bita, kami kembali ke Makassar untuk istirahat karena besoknya mau ke Tana Toraja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

don't forget to leave a comment