Senin, 23 Juni 2014

Berselancar dengan Bus di Pulau Jawa

Sarana transportasi yang paling fleksibel dan paling gampang ditemui, ya Bus Umum! Fleksibel adalah gampang alokasi waktunya, dalam artian frekuensi bus sangat banyak sehingga anda bisa menggunakannya walaupun anda selesai bangun dari tidur siang. 

Gampang adalah karena bus bisa "dicegat" di pinggir jalan sehingga kita tidak perlu transportasi (dan uang) tambahan untuk pergi ke terminal. Enaknya lagi, kita kena charge berdasarkan jarak.
java island, powered by google maps
Ada tiga jalur yang akan saya bahas di sini, yakni bus jalur Semarang - Surabaya vice versa (vv),bus jalur Yogyakarta - Surabaya (vv), serta bus jalur Yogyakarta - Semarang (vv). Kereta yang tidak selalu turun di kota tujuan dan frekuensi perjalanan membuat saya sering naik bus untuk mencapai tujuan, selain itu murah pula. Enaknya lagi, bisa turun di pinggir jalan dan ga bikin orang repot yang jemput. Kurang nyamannya hanya satu : waktu perjalanan yang unpredictable

Okay disini bakalan saya bahas 3 jalur sebagai berikut:

1. Semarang - Surabaya (vv)

Jalur ini adalah jalur yang beroperasi 24 jam sehari, dan 7 hari seminggu. Tak usah kebingungan dengan frekuensi sih, banyak banget yang berangkat. Ada beberapa perusahaan bus yang beroperasi di rute ini, seperti Indonesia, Jaya Utama, dan Sinar Mandiri. Untuk pemberangkatan awal, sependek pengalaman saya memang ga bisa nyegat di pinggir jalan, harus masuk ke Terminal. Kalo di Semarang masuknya di Terminal Terboyo, kalo di Surabaya masuknya lewat Terminal Purabaya alias Terminal Bungurasih.

Untuk jalur ini setahu saya lewat jalur utara, bukan jalur tengah. Untuk kota - kota yang dilewati di jalur ini adalah : Semarang - Demak - Kudus - Pati - Rembang - Tuban - Lamongan - Gresik - Surabaya. Waktu tempuh di siang hari sekitar 9 jam, dan untuk malam hari bisa cuma 7 jam sahaja. Kalo pengen naik pesawat juga bisa kok, malah tidak sampe sejam.
rute Surabaya-Semarang, antara naik bus dan pesawat dari mbah googlemaps
Untuk busnya, ada 2 jenis yang saya tahu, yaitu ekonomi dan patas. Tiap jenis ada pros dan consnya masing-masing. Untuk yang ekonomi, memang lebih murah, itu kekuatan utama bus tipe ini. Tapiiii, bus ekonomi yang beroperasi di rute ini konfigurasinya 2-3, jadi kalo anda bertubuh segede gaban siap-siap berdempet-dempet ria. Kalo busnya lagi sepi, anda bisa "menjajah" kursi, tapi jika bus mulai penuh, bersiaplah untuk berbagi tempat. Oya, tidak ada AC di bus jenis ekonomi.

Kalo kenyamanan juga jangan ditanyakan, bus ekonomi bisa dimasuki pedagang dan pengamen, jika anda terhibur, tinggal masukkan uang saja, dan jika terganggu dan tidak punya duit, belagak bego dengan pura-pura tidur juga bisa menjadi pilihan jika anda tidak punya recehan. Asyiknya lagi, naik bus ekonomi adalah kencaaaaaang! Untuk tarif ga bakal bikin kantong kering, contohnya temen saya pernah naik bus Sinar Mandiri Ekonomi dari Rembang ke Surabaya cuma Rp 43.000.

Untuk yang patas, harganya memang agak mahal, namun hal itu sebanding dengan kenyamanan yang didapat. AC yang kencang dan dingin, konfigurasi kursi 2 2. Di bus patas juga tidak ada pengamen dan pedagang asongan. Untuk jarak jauh, biasanya ada makannya juga loh, dan sudah termasuk dalam tiket.

Kalo mau nyegat di luar terminal juga bisa, namun saran saya, biasakan lah tertib dengan masuk dan menunggu di Terminal saja untuk keberangkatan dengan kota pertama.  selain enak karena bus berhenti,  juga anda bisa memilih tempat duduk. Namun jika anda di kota selain pemberangkatan pertama, yakni Surabaya dan Semarang, nyegat bus dari jalan adalah pilihan utama. Apalagi jika anda tinggal bukan di ibukota kabupaten yang tidak ada terminalnya.

2. Yogyakarta - Surabaya (vv)

Sama seperti jalur Semarang - Surabaya, bus di jalur ini hidup 24 jam setiap hari. Untuk bus di jalur ini, ada 2 pemain besar : Sumber Kencono Grup yang beranggotakan Sumber Selamat dan Sugeng Rahayu (dulu Sumber Kencono) dan Mira Grup yang anggotanya adalah bus mira untuk ekonomi, dan bus Eka untuk kelas eksekutif. 


Saya tidak tahu apakah ini jalur ramai atau bukan, tapi yang jelas jika sedang naik motor di rute Yogya-Solo, hampir tiap 5 menitan saya lihat ada bus-bus tersebut melaju bergantian. Kota-kota yang dilewati bus-bus jalur ini adalah Yogyakarta - Klaten - Solo - Sragen - Ngawi - Nganjuk- Madiun - Jombang - Surabaya. Untuk Surabaya, pemberhentian bus akhir ada di Terminal Bungurasih, dan untuk di Yogyakarta ada di Terminal Giwangan. 
Yogyakarta - Surabaya. Pesawat vs Bus. powered by googlemaps
Paling sering naikin rute ini adalah jika saya dapet tiket promo pesawat dari Surabaya. Saya sudah pernah naik bus dari dua pemain besar tersebut. selain harganya bersaing, fasilitasnya juga oke punya. Untuk kedua grup tersebut, baik Sumber Kencono dan Mira untuk kelas ekonominya adalah konsep ekonomi AC dimana konfigurasinya pake model ekonomi (2-3) namun ber-AC. 

Nikmat! Harganya pun murah, Yogya-Surabaya untuk ekonominya cuma Rp 45.000 dengan durasi perjalanan 9 jam jika siang hari, dan 7 jam jika malam hari. Jika anda punya kartu langganan (KL) bus sumber selamat, sugeng rahayu, atau bus mira, akan dapat potongan sehingga jadi Rp 41.000. Tinggal bilang saja,"Suroboyo, KL!", maka anda akan langsung dapat harga diskon.

Untuk bus Eka, tarifnya sih pas saya naik bulan April kemarin Rp 83.000, sudah termasuk makan di salah satu restoran di Ngawi. Saat on board di bus, biasanya akan dibagikan air mineral gelasan gitu. Makanannya pun bisa milih antara pecel, ayam goreng, atau nasi rawon, sudah termasuk dengan minum teh panas. 


Kalo ga mau beli makan juga bisa sih, sebelum bayar bilang aja ke kondekturnya ga pake makan, maka tarifnya akan dikurangi Rp 10.000. Sekali lagi ini jika untuk jarak jauh. Asyiknya naik bus eka adakah ga pake masuk ke banyak terminal sehingga jarak tempuhnya jadi lebih cepat. Saya pernah naik bus eka dari Surabaya ke Yogyakarta cuma 5 jam!

TIPS : Jika anda naik dengan rute pendek terutama Yogya-Solo ataupun sebaliknya, lebih baik naik dari Terminal (Untuk Yogya naik dari Terminal Giwangan, di Solo naik dari Terminal Tirtonadi). Jika anda mencegat dari Flyover Janti di Jogja ataupun dari jalanan sepanjang Yogya Solo dengan tujuan Solo atau sebaliknya, anda tidak akan diangkut, karena rute Solo-Yogya dan sebaliknya sudah dilayani dengan perusahaan bus lokal sehingga bus-bus jurusan Surabaya ga akan mengangkut anda di siang hari.

Kalau di malam hari beda cerita, karena bus lokal Solo-Yogya sudah tidak beroperasi, anda bisa mencegat bus dimanapun tanpa harus ke terminal. Soalnya waktu ke Surabaya, saya pernah melihat ada orang mencegat bus yang saya tumpangi di daerah kartosuro (solo). Saat di Bus, orang itu mengatakan bahwa ia hanya bertujuan ke Solo (yang notabene cuma 20 menitan dari kartosuro), padahal kata si kondektur, saat kondektur meneriaki tujuan apakah ke surabaya, mereka mengiyakan. Tak sampai 2 menit, penumpang tersebut diturunkan.

3. Yogyakarta - Semarang (vv)

Rute yang menurut saya pendek, tapi jarak tempuhnya lama banget mengingat kontur jalannya pegunungan dan masih banyak perbaikan di beberapa jalur. Untuk bus yang beroperasi di rute Yogyakarta-Semarang dan sebaliknya ada Nusantara dan Ramayana, dan juga masih banyak bus lain yang ekonomi (saya tidak pernah naik yang ekonomi untuk rute ini). Untuk kota yang dilewati jalur ini antara lain Yogyakarta - Magelang - Ambarawa - Ungaran - Semarang. 

Yogyakarta - Semarang powered by googlemaps
Karena jalannya naik turun, saya menghindari naik ekonomi, takut mabuk. Lagian selisihnya ga terlalu banyak dengan yang patas. Baru-baru ini saya naik nusantara dari semarang ke yogya, tarifnya Rp 40.000. Kalo dari semarang, anda cuma bisa nyegat di terminal terboyo dan swalayan ada (di banyumanik) karena bus masuk tol. Untuk kelas patas, naik nusantara dan ramayana sama-sama enak kok. Kursi empuk, konfigurasi kursi 2 2, dan tentunya ber AC. haha!

Untuk bus-bus di rute ini setahu saya cuma beroperasi dari pagi hingga malam sekitaran pukul 6. untuk tiketnya juga tiket tinggal pergi ke terminal saja, tak usah pakai booking-booking segala karena frekuensinya banyak banget.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

don't forget to leave a comment