Kamis, 17 April 2014

Lombok Day 3 : Senggigi dan Gili Trawangan

Jalan-jalan ke Lombok memang tak lepas dari suasana pantai. Setelah dari Pink Beach dan Tanjung Ringgit dan langsung separ semalaman, di pagi hari saya sudah bersiap untuk jalan lagi ke Senggigi dan Gili Trawangan. Rencananya, motor akan saya titipkan di penitipan motor di pelabuhan bangsal sehingga tidak repot cari-cari transportasi lagi.

rute perjalanan dari mataram ke pelabuhan bangsal di lombok utara, powered by mbah google maps

Sekitar jam 10 pagi, saya berangkat dari penginapan di daerah cakranegara menuju pelabuhan bangsal di pemenang, kabupaten lombok utara. Karena sudah pernah kesini sebelumnya, jadi medan jalan sudah mengerti bagaimana sehingga jalan santai saja kali ini.
Bedanya, saya bisa explore pantai-pantai di pesisir lombok bagian barat sehingga bisa berhenti-berhenti untuk foto-foto di pantai yang bagus.

pantai di sepanjang jalan berkelok ke pelabuhan bangsal
Sekitar jam 12 siang, saya tiba di pelabuhan bangsal. Tapi sebelumnya saya menitipkan motor di dekat dermaga. parkir menginap motor semalamnya Rp 10.000. Setelah beli tiket tujuan gili trawangan, saya menunggu sebentar di kursi-kursi yang ada di gazebo dermaga.Tak lama kemudian, panggilan "boarding" berkumandang bagi penumpang tujuan Gili Trawangan. Meskipun bukan hari libur, masih tetap ramai juga. Perjalanan sekitar 40 menitan dengan ombak yang santai. Tibalah saya di Gili Trawangan untuk yang kedua kalinya. Cuacanya sangat bagus dengan matahari yang bersinar terik.

Karena tak ada persiapan ke Gili Trawangan, saya asal saja cari penginapan. Sebenarnya tips untuk cari penginapan yang murah dan fasilitas yang baik adalah agak masuk ke dalam gang, bukan di pinggir pantai. Dan juga gara-gara sudah capek dan kepanasan, saya cari yang di depan pantai dan yang murah. Ketemulah Jesica Hostel yang di pinggir pantai. Bentuknya dorm, per bed harganya Rp 75.000 per malam dan sudah pakai AC. Istirahat sebentar, cari makan, kemudian saya menyusuri pantai-pantai di gili trawangan. Untung saja cuaca bagus. sehingga apa saja yang di foto jadi kelihatan bagus.
welcome again gili trawangan!
Jalan-jalan di sepanjang pantai gili trawangan, bisa dilakukan dengan berjalan kaki jika stamina anda oke. Akan tetapi saya sarankan untuk menyewa sepeda untuk mengelilingi pulau ini secara cepat dan efektif. Dari dua kali perjalanan saya ke gili trawangan, cuaca kali ini cukup mendukung sehingga betah berlama-lama untuk sekedar berenang dan main pasir di pinggir pantai.

pantai dekat dermaga gili trawanagan siang itu

santai-santai, memang di pantai
i don't wanna go home!
Tak terasa matahari mulai tenggelam, akan tetapi arena pinggir pantai masih tetap ramai, anak-anak kecil lokal banyak yang ikut bermain di pantai dan berbaur dengan para turis. Saya makan di warung jawa yang sebelumnya untuk mengisi tong karena perut mulai berisik setelah berenang dan jalan kaki terus. Saya kembali ke hostel untuk mandi dan tidur sebentar. Niatnya tidur sebentar, tapi karena lelah sekali maka kebablasan deh sampai jam 10 malam. Bangun-bangun ternyata hujan sehingga saya tidak jadi keluar, padahal mau ikut party yang diadakan di bar. Jam 11 malam hujan berhenti dan saya cari cafe atau bar yang sedang mengadakan party.

Di gili trawangan, ternyata party alias pesta-pesta dilakukan secara bergiliran untuk tiap malamnya. Jadi bisa saja jumat malam, cafe x yang mengadakan pesta, sedangkan di sabtu malam gantian cafe y yang mengadakan pesta. Biasanya, akan ada tempelan-tempelan di pohon atau dinding sebagai announcement di mana party malam yang akan datang dilaksanakan. Saat itu saya datang hari selasa malam and the party was held in Sama-Sama Reggae Bar. Wuh rame banget bar-nya, saya sempat duduk beberapa saat untuk menunggu kalo-kalo ada kursi kosong. Tak lama kemudian ada kursi dan saya duduk. Sembari musik-musik dimainkan, semua orang bergoyang dan berjoget mengikuti irama musik. Nyawa saya yang belum genap karena masih baru bangun tidur cuma melihat saja sambil duduk. hahaha

Jam 2 dini hari, saya sudah benar-benar ngantuk dan kembali ke hostel yang ada di jalan utama pantai gili trawangan.