Kamis, 17 April 2014

Lombok Day 3 : Senggigi dan Gili Trawangan


Jalan-jalan ke Lombok memang tak lepas dari suasana pantai. Setelah dari Pink Beach dan Tanjung Ringgit dan langsung separ semalaman, di pagi hari saya sudah bersiap untuk jalan lagi ke Senggigi dan Gili Trawangan. Rencananya, motor akan saya titipkan di penitipan motor di pelabuhan bangsal sehingga tidak repot cari-cari transportasi lagi.

rute perjalanan dari mataram ke pelabuhan bangsal di lombok utara, powered by mbah google maps

Sekitar jam 10 pagi, saya berangkat dari penginapan di daerah cakranegara menuju pelabuhan bangsal di pemenang, kabupaten lombok utara. Karena sudah pernah kesini sebelumnya, jadi medan jalan sudah mengerti bagaimana sehingga jalan santai saja kali ini.

Rabu, 16 April 2014

Lombok Day 2 : Pink Beach dan Tanjung Ringgit, Lombok Timur

Wonderful Pink Beach!

Hari ini agenda saya hanya mengunjungi pantai pink dan tanjung ringgit di daerah lombok bagian timur. Alasannya, karena cukup jauh dari pusat Kota Mataram, maka akan sangat rugi apabila hanya sebentar saja di objek tersebut. Apalagi, medan jalan yang tidak saya ketahui sebelumnya sehingga membuat senewen kalo kesasar.

Setelah ngopi dan sarapan gratisan pake nasi kuning khas lombok dari penginapan (dimana lagi coba penginapan Rp 100.000 dapet 2 single bed, kopi/teh pagi, sama sarapan!). Saya memanasi motor lebih dulu sambil merokok. Maklum, perjalanan di lihat dari peta kok jauh banget kayaknya. Motor rentalan dari penginapan seharga Rp 60.000 per 24 jam ini akhirnya melaju juga ke arah pink beach dan tanjung ringgit.

Mataram - Pink Beach Lombok Timur dari google maps . Jauh kan....

Petunjuk dari mbah google diatas menunjukkan kalo perjalanan melewati praya, lombok tengah. Jalan dari kota Mataram ke Praya kondisinya masih bagus, akan tetapi setelah mendekati Pink Beach,

Lombok Day 1 : Nasi Balap, Desa Sasak , Kuta Lombok dan Tanjung Aan


Airport Tax Naik :(

Bus damri berangkat ke Juanda International Airport (SUB) sekitar pukul 02.30 pagi. Jalan lancar tanpa macet dan kendala yang berarti. Sebelum ke Terminal 1, ternyata bus menurunkan penumpang yang akan ke Terminal 2. Terminal 2 Juanda Airport merupakan gedung terminal yang baru saja beroperasi bulan Februari. Bangunannya megah dan dari luar didominasi warna perak dan putih. Terminal 2 digunakan untuk keberangkatan internasional semua maskapai serta penerbangan Air Asia dan Garuda Indonesia. Sedangkan maskapai yang lain tetap di Terminal 1.

Sesaat setelah  menurunkan penumpang di Terminal 2, bus melaju ke Terminal 1. Sekitaran pukul 03.00 pagi, saya tiba di Terminal 1 dan diturunkan ke bekas keberangkatan internasional karena gerbang keberangkatan ini khusus untuk Citilink dan maskapai lainnya. Masuk ke pintu keberangkatan, suasana tidak riuh dan tenang karena kepadatan penumpang tidak terlalu ramai. 

Selesai check in dan memasukkan bagasi, tibalah bayar airport tax.

Senin, 14 April 2014

Hello Again Lombok Island!

Foreword

 Rencana jalan-jalan kali ini tidak berbeda jauh rentang waktunya dengan perjalanan saya ke lombok sebelumnya. Setelah melewatkan perjalanan ke Padang pada pertengahan Februari yang lalu, kali ini saya tidak ingin membatalkan ke Lombok kali ini walaupun sudah saya kunjungi sekitar satu setengah bulan yang lalu. Bosan? Enggak banget! Hambar rasanya saat ke Lombok cuma main ke Gili Islands. Padahal, masih banyak tempat lain yang patut disinggahi.

Seperti biasa, penerbangan ke Lombok yang kedua ini akibat promo Citilink yang 55rb untuk semua rute yang diadakan sekitar bulan November yang lalu. Namanya juga mahasiswa, promo-promo seperti ini sangat meringankan biaya perjalanan. Sebenarnya sih saya senang-senang saja menempuh perjalanan darat dalam sebuah perjalanan. Namun terkadang kelamaan di jalan juga membuat pengeluaran jadi bengkak, belum lagi capek luar biasa yang dapat merusak mood jika sudah tiba di tempat tujuan. Seperti pengalaman ke Hong Kong via Denpasar saya bulan desember yang lalu.