Kamis, 20 Maret 2014

Menginap di Stasiun Pasar Senen? Siapa Takut!


Tiba-tiba saya kepikiran Stasiun Pasar Senen dan malah jadi pengen nulis tentang stasiun yang satu ini. Ceritanya saat itu saya dan teman habis jalan-jalan dari Makassar dan Tana Toraja. Saking sengitnya arena pencarian tiket promo saat itu, saya asal saja pilih jam penerbangan, karena yang penting harga tiket pesawatnya hanya Rp 45.000. Tiket penerbangan Makassar-Jakarta tertera pukul 19.50 dan tiba di Jakarta pada pukul 21.10. Saya sendiri baru menyadari jam ini tidak nyaman saat akan berangkat ke Makassar. Karena tujuan akhir saya ke Yogyakarta, mulailah saya mencari cara bisa langsung connecting ke Jogja.

Sayang sekali saya lupa mengambil gambar sehingga dalam posting-an kali ini saya pakai gambar dari web lain. Stasiun Pasar Senen, stasiun untuk naik kereta ekonomi dan bisnis. Sumber gambar

Untuk mencari penerbangan lanjutan ke Yogyakarta sudah tidak mungkin lagi karena penerbangan terakhir ke Yogyakarta ada sekitar pukul 8 malam. Alternatif yang akhirnya ketemu adalah naik kereta api. Kok kebetulan sekali di awal bulan September, PT.KAI lagi ada promo September Ceria. Di promo ini, semua rute didiskon dengan harga yang lumayan.
Kalau tidak salah untuk kelas eksekutif Rp 100.000 sedangkan untuk kelas bisnis Rp 40.000. Jadwal yang mungkin saya ambil adalah kereta Fajar Utama Yogya yang berangkat pukul 07.00 dengan harga Rp 40.000. Saat itu saya sedang di rumah Oppung saya di pedalaman Sumatera Utara sehingga sinyal internet paling banter pun dapat GPRS. Untunglah teman saya yang kuliah di Bandung mau saya mintai tolong buat booking sekaligus nalangi pake duitnya dulu.

Hari itupun tiba, pesawat mendarat mulus dan tepat waktu di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta sekitar pukul 21.00 malam. Untunglah bagasi cepat keluar dan kami langsung keluar area bandara buat cari taksi. Seperti biasa, supir-supir taksi akan mengerubungi anda untuk menawarkan taksi. Berdasarkan rekomendasi teman, saya diberitahu untuk naik taksi ekspress karena tarifnya murah. Kebetulan ada yang sedang menurunkan penumpang dan kami langsung naik ke dalam taksi. Perjalanan ke Stasiun Senen sekitar 1 jam tanpa macet dengan argo Rp 89.000 tidak termasuk bayar tol dan bayar parkir bandara.

Sialnya, stasiun baru dibuka malam hari pukul 00.00! Jadilah kami menggembel di taman yang ada dekat stasiun yang agak bau pesing, tapi ramai orang nongkrong. Karena tidak betah, kami pindah duduk di Warung Nasi Goreng yang ada di dekat stasiun. Tepat jam 00.00, stasiun dibuka. Kami masih santai-santai saja duduk di warung nasi goreng tersebut. Sekitar pukul 00.30 kami masuk ke dalam stasiun dan...semua kursi sudah dipenuhi penumpang yang menginap! Tempat-tempat strategis dan lumayan aman sudah habis dikuasai orang-orang yang mungkin juga bertujuan sama dengan kami, menunggu kereta pagi.

Kira-kira seperti inilah situasi saat itu. Sumber gambar

Tempat yang tersedia adalah di dekat peron masuk. Akhirnya saya tidur disitu. Tololnya, kami tidak ada persiapan sama sekali sehingga tidak ada alas untuk tidur. Tak hilang akal, kami cari koran-koran bekas yang ada di sekitar stasiun dan untungnya ada loper koran lewat sehingga akhirnya saya beli 1 koran. Bukan buat dibaca, melainkan buat alas tidur. Suara berisik orang lalu lalang menjadi lagu pengantar tidur. Jam 05.00 pagi suara-suara pengumuman mulai berisik, langsunglah kami check-in dan cari kamar mandi untuk membersihkan diri.

Akhirnya kereta berangkat tepat waktu dan untungnya lagi kereta banyak kursi kosong, 4 kursi bisa saya jajah untuk tidur selonjoran, lumayan juga Rp 40.000 bisa dapat 4 kursi, wekekeke. Sekitar pukul 3 sore kereta tiba di Stasiun Tugu Yogyakarta. 

Bagi anda yang ingin menginap di Stasiun Pasar Senen tidak usah khawatir, aman. Setelah di dalam stasiun ada kamar mandi gratis pula. Stasiun Pasar Senen bisa dijadikan alternatif jika anda ogah rugi bayar hotel. Selamat mencoba!


4 komentar:

  1. Bermanfaat bor infonya. Tapi bener aman kan ya? Saya mungkin bakal ngineo di st pasar senen september ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan besar aman mas, Juni kemarin saya datang ke Stasiun Senen juga banyak yang bermalam di stasiun. Good luck!

      Hapus
  2. makasih infonya. kamar mandi di pasar senen bisa buat mandi gak? kondisinya gimana? rencananya sampe stasiun jam 2 pagi jadi lumayan hemat penginapan tidur situ

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang di dalam stasiun seingat saya bisa mbak. cuma kalo yang di luar stasiun sebelum check in nggak bisa buat mandi.

      Hapus

don't forget to leave a comment