Rabu, 04 Juni 2014

Lombok and Gili Trawangan Trip

gili air
Sering kali saya dipameri foto teman-teman yang main ke Gili Trawangan dan Lombok. Ngiler juga liat foto-foto teman-teman saya yang KKN ke Lombok dan sekitarnya. Sampai akhirnya ada promo Citilink Rp 55.000 ke semua tujuan pada September tahun lalu. Semua tujuan? IYA! Tentu saja Lombok tujuannya. Disaat sebelum jam promo dimulai, saya dan kedua teman, bil dan qies lagi nongkrong-nongkrong di Dixie Easy Dining. Untunglah koneksi inet lancar jaya, tapi sayang sekali ketersediaan kursi sangat terbatas di tiap penerbangan, paling banter 2 kursi sehingga saya berangkat duluan ke Lombok sedangkan teman saya menyusul keesokan harinya. SUB-LOP-SUB terbooking, harga Rp 110.000 all in. Yihaaaa! 
SUB-LOP-SUB only IDR 110.000
Repotnya penerbangan di Yogyakarta adalah letaknya yang tanggung, berada di tengah-tengah antara Jakarta dan Surabaya sehingga jarang ada direct flight untuk ke barat atau timur Indonesia, sama seperti Semarang. Beberapa kali saya naik pesawat dari Surabaya, rutenya gampang, kok. Naiklah Bus Ekonomi AC tujuan Surabaya seperti Sumber Kencono, Sumber Selamat, Sugeng Rahayu, atau Mira. Jika tengah malam, anda bisa ngetem di Flyover Janti untuk "nyegat" bus. Perjalanan Yogyakarta-Surabaya sekitar 8 jam jika lancar, dan 10 jam jika macet.

September tahun lalu saat saya jalan-jalan ke Toraja, tiket bus Rp 41.000 jika anda pemegang kartu langganan Sumber Kencono atau Mira. Sampai Terminal Bungurasih (Purabaya), carilah damri ke Bandara Juanda, Rp 20.000 sekali jalan. Letak pool Damri sendiri berada di area kedatangan bus. Akan tetapi jika anda beramai-ramai hingga 4 orang dan bawa barang banyak, mending ambil taksi, karena banyak taksi yang nembak Rp 50.000 ke bandara. Karena sudah pasti capek, saya tidak memakai rute ini menuju Bandara Juanda. hehe.

Info : Bagi anda yang berada di Yogyakarta dan sekitarnya, sekarang sudah ada direct flight Lion Air dari Yogyakarta ke Lombok PP setiap hari. 

The Journey Began

Kamis, 20 Februari 2014 saya memulai perjalanan dari Yogyakarta menuju Malang. Kali ini naik Kereta api Malioboro Ekspress pukul 22.15 malam. Kereta ini terdiri dari kelas ekonomi dan eksekutif, karena sama-sama AC saya beli ekonomi saja, harganya cuma Rp 100.000. Perjalanan 8 jam saya habiskan untuk tidur. Kereta tiba di Malang tepat jam 05.30 dan tak lama kemudian teman saya menjemput. Tak banyak yang saya lakukan di Malang karena cuma mampir saja. Setelah sarapan soto, kami nongkrong di KFC Sarinah. Jam 11.00, mobil travel datang. Malang-Juanda Airport hanya sekitar 2 jam dengan tarif Rp 70.000. 2 jam perjalanan hanya saya habiskan dengan tidur buat bayar utang tidur semalam di kereta. Pukul 14.30 tepat saya tiba di Terminal 1 Juanda Airport dan langsung check-in untuk penerbangan ke Lombok. Penerbangan kali ini penuh, sehingga boarding agak lama.

leg room ngepas pol
Setelah mengudara sekitar 50 menit, QG664 mendarat mulus di Lombok International Airport (LOP) di Praya, Lombok Tengah. Karena pergi tanpa bagasi, saya langsung ke arah kedatangan untuk beli tiket damri ke Senggigi seharga Rp 30.000. Setelah penuh, bus langsung berangkat.

safely landed at Lombok International Airport (LOP)
Ternyata bandara baru Lombok ini lumayan jauh dari Senggigi, sekitar 1.5 jam perjalanan tanpa macet. Saya minta diturunkan di depan Happy Cafe Senggigi karena pemilik home stay akan menjemput di tempat itu. Tak lama saya dijemput menuju Hill View Home Stay Senggigi. Tarif semalam Rp 125.000 sudah termasuk sarapan pagi dan ada wi-fi-nya juga lho. Setelah mandi saya langsung tidur sampai pagi. Paginya, kedua teman saya telepon jika sudah berada di depan Happy Cafe. Karena tak ada angkutan umum, kami bertiga naik Taksi Bluebird ke Pelabuhan Bangsal. Jangan lewatkan pemandangan di sepanjang jalan yang berada di pinggir laut! Keren! Sekitar 1 jam perjalanan, saya tiba di jalan menuju pelabuhan bangsal dengan argo Rp 90.000.

sepanjang jalan ke bangsal

Gili Trawangan!

Pelabuhan Bangsal merupakan pelabuhan umum, ada rute menuju Gili Air, Gili Meno, dan tentunya Gili Trawangan. Tiket nyebrang ke Gili Trawangan Rp 13.000 dengan menggunakan perahu bermotor dengan kapasitas 30 orang. Tiket pun dibedakan berdasarkan warna untuk dipanggil saat akan "boarding". Sekitar 1 jam perjalanan, kami tiba di Gili Trawangan. horeeee!

boarding ke gili trawangan
welcome to gili trawangan!!!!

Karena pergi tanpa persiapan, kami baru mencari penginapan saat tiba di Gili Trawangan. Ternyata Februari adalah low season, sehingga banyak kamar tersedia. Kami dapat penginapan dengan harga Rp 150.000 untuk bertiga, dengan fasilitas kamar mandi dalam dan kipas angin. Setelah meletakkan barang, kami langsung nyebur ke pantai.

main main di pantai

gili trawangan sore hari

Akibat tak membawa sunblock, tak terasa kulit sudah gosong dan perut sudah teriak-teriak kelaparan. Kami berjalan di sepanjang pantai dan menemukan sebuah warung yang jualan seperti nasi rames. Menunya standar sih, saya pesan nasi sayur pakai telor dan harganya Rp 20.000! Mahal? Iya! Tapi maklum lah, tempat wisata seperti ini kalo apapun mahal.

Karena masih lelah dan kekurangan tidur, kami kembali ke penginapan untuk tidur sampai malam. Malam hari kami keliling dan jalan-jalan di pantai, suasana begitu hidup. Bar, Cafe, Pub, Restoran, semua ramai. Saya sendiri jarang melihat turis domestik di tempat ini. Sebelum kembali ke penginapan, kami booking trip untuk snorkeling. Harganya lumayan murah,  Rp 100.000 dan snorkeling trip ini dimulai pukul 10.00 hingga pukul 16.00.

segerrrr
Keesokan paginya kami langsung check out dari penginapan dan pindah ke Dua Nina Homestay. Memang agak sedikit jauh dari pantai, namun suasananya tenang, bersih dan kamarnya benar-benar luas. Permalam untuk low season seperti bulan Februari dipatok Rp 150.000 per malam. Murah kan?

Snorkeling Trip in Gili Island

Tepat jam setengah 10, kami sudah tiba di lokasi untuk fitting alat-alat untuk snorkeling. Jam 10 tepat kapal berangkat. Hanya sedikit turis lokal di kapal ini. Spot demi spot kami berhenti untuk nyebur dan melihat pemandangan bawah laut. Sekitar pukul 12.00 kapal mengarah ke Gili Air untuk makan siang. Karena sudah kenyang, kami tidak pesan apa-apa di restoran tersebut. Selanjutnya, biar gambar yang berbicara.

gili meno island

nyebyurrr


Sejam kemudian kapal melaju ke spot berikutnya hingga spot terakhir. Pukul 16.00 lebih kami mendarat lagi di Gili Trawangan. Kami menemukan warung makan yang makan nasi dan lauk pauk enak hanya Rp 15.000. Letaknya di jalan menuju penginapan ini, yakni gang disamping pasar seni. Karena lelah, kami langsung tidur sampai pagi.


transit makan di gili air

Kembali ke Lombok

Jam 09.00 pagi setelah makan kami langsung check out dan menuju dermaga penyebarangan. Harga tiket sama dengan berangkat dan tak lama menunggu kapal langsung berangkat. Perjalanan ke Pelabuhan Bangsal sekitar 1 jam. Karena kantong mulai menipis, sampai pelabuhan bangsal, kami berjalan kaki hingga ke perempatan sebelum memasuki wilayah pelabuhan bangsal, cukup jauh juga. Di sepanjang jalan menuju perempatan tersebut, kami bertanya beberapa warga tentang Engkel yang menuju ke Terminal Mandalika. Semua orang pun berkata untuk tunggu saja di perempatan tersebut. Tak lama menunggu, datanglah sebuah Engkel dan saat kami bilang akan ke Terminal Mandalika, kernet pun mengiyakan tujuan kami. Perjalan ke Terminal Mandalika sekitar 1,5 Jam biayanya Rp 15.000 perorang dengan track pegunungan dan berkelok-kelok. Tiba di depan Terminal, kami makan dulu di warung depan terminal. Harga makanan di Mataram relatif lebih murah daripada di Gili. Memasuki terminal kami dikerubungi tukang ojek dan calo tiket. Begitu masuk ke ruang khusus damri ternyata bus baru saja berangkat di depan kami. Untunglah petugas damri di terminal baik hati dan langsung mengontak supir yang baru jalan sehingga bus kembali lagi ke terminal. horeee!

transportasi umum di lombok : engkel. murah meriah
Masuk ke damri, bayar Rp 20.000 dan bus langsung jalan ke Bandara Internasional Lombok yang baru dibuka pada tahun 2011 ini. Letaknya yang di Lombok Tengah pun jauh, sekitar 1,5 jam perjalanan dengan sedikit macet di beberapa titik.

Beli Kacang  dan Telur Puyuh Rebus di Bandara

Saat anda mengunjungi Lombok International Airport (LOP) jangan heran jika ada pedagang asongan yang ada di bandara ini. Karena sudah pernah membaca sebelumnya tentang hal ini, saya pun tidak kaget. Yang pernah saya baca, ternyata pedagang asongan ini adalah mantan pemilik tanah yang saat ini menjadi bandara lombok. Lumayan juga sih jajan di pedagang asongan, murah. Saya dan teman-teman sempat membeli kacang rebus, telur puyuh rebus dan pentolan.

jualan asongan di bandara lombok

goodbye lombok!
Jam 16.00 tepat saya check in, airport tax di LOP hanya Rp 25.000 lebih murah daripada di bandara Adisucipto Yogyakarta, padahal lebih bagus bandara Lombok lho. Delayed sejam dan tiba di Surabaya pukul 7 malam.

27 komentar:

  1. wow,, perfecto...

    beberapa hari lagi sy (dan istri) juga mau ke lombok dg promo yang sama, citilink 55,, hehehe,,,
    makanya ni cari2 info tentang perjalanan lokal di sana,
    tahun lalu sy sendiri ke sana dan hanya sempat ke senggigi n batubolong,,
    rencana tahun ini dalam satu hari bisa jalan senggigi-gili PP,, hehe,, kira2 bisa gak ya??

    salam hangat mas,,,

    BalasHapus
  2. halo mas, terima kasih telah berkunjung :)

    btw penerbangannya yg jam berapa mas? kalo penerbangannya yang paling pagi dari surabaya 05.40, satu hari cukup kok mas. dan jika cuma sehari aja, lebih fleksibel sewa motor aja, karena di pelabuhan bangsal ada penitipan motor. kapal paling sore dari gili trawangan ke bangsal sekitar jam 4 mas, sehingga kalo seharian saya rasa cukup.

    salam

    BalasHapus
  3. Boss bus damri smp jam brp kl mlm ???
    Kl naik taksi dr bandara ke senggigi brp bosss

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo damri sih waktu saya tanya petugas damrinya ada sampai penerbangan terakhir (sekitar jam 10 malam kalo ga salah). kalo taksi kurang tau mas, tapi denger2 kalo pake argo sekitar 200ribuan :)

      Hapus
  4. salam kenal. mohon info. kapal paling pagi dari gili trawangan ke pelabuhan bangsal jam berapa ? thanks infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. seingat saya jam 08.00 WITA sudah ada mas kapalnya. salam kenal juga :)

      Hapus
    2. sorry mau tanya2 lg ya. nama sy nunang dari gresik, jawa timur. saya kemaren komputer saya lg masalah, jd log in pake anonim.
      saya ada rencana ke lombok 18 desember ini. berniat mau sewa motor juga. apa menginapkan motor di pelabuhan bangsal aman ? di lombok rambu2 jalan jelas ?

      Hapus
    3. aman kok, mas. banyak jasa penitipan motor dan mobil di dekat pelabuhan bangsal. dari tempat penitipan motor, nanti tinggal jalan aja ke dermaganya, deket banget dan cuma Rp 10.000 semalam.

      rambu2 maksudnya penunjuk arah gitu ya? jelas kok, saya cuma nyasar waktu ke pantai Merah aja sama Tanjung Aan :)

      Hapus
  5. Kapal paling pagi jam brp ya mas dari gilitrawangan ke bangsal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kapal terakhir dari gili trawangan ke bangsal itu sampe jam berapa yah?

      Hapus
    2. sore sekitar pukul 16 sepertinya terakhir mbak, soalnya sering ketemu pengunjung yang datang pagi dan pulang sore

      Hapus
  6. Hi Andre,

    Mau tanya deh.. armada damrinya banyak gak ya? 2012 saya ke Lombok, rencananya mau naik damri aja, pesawat landing jam 10 pagi tapi ternyata damrinya udah berangkat. Dan mereka gak punya jadwal pastinya juga.

    Makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi juga mbak Andam, salam kenal :)

      Kebetulan pas itu saya selalu dapat mbak, baik pas arrival di bandara lombok maupun pas berangkat dari terminal mandalika saat kembali ke bandara (februari 2014 & april 2014). Saat saya lihat di Terminal Mandalika Mataram, jadwal keberangkatan ada setiap jam mbak, terakhir seingatku jam 19.00. CMIIW

      Salam

      Hapus
  7. permisi,, mau tanya transport menuju ke pelabuhan bangsal apa ya ? selain taxi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kendaraan namanya engkel mbak, itu sejenis angkot. Naiknya dari terminal mandalika trus turun di perempatan lampu merah pelabuhan bangsal, risikonya nanti jalan agak jauh mbak. Kalo bertiga atau berempat, mending naik taksi saja :)

      Hapus
  8. mau nanya klo ke gili dari pelabuhan bangsal loketnya buka jam berapa yahh paling pagi ?
    terus klo seharian aja kira2x bisa ke jangkau ga yahhh... ga usah nginep gitu


    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. seingat saya jam 8 udah ada yang berangkat kok mbak. kalo mau seharian juga bisa mbak di gili trawangan, last boat sekitar pukul 16.00.

      Hapus
  9. Mas saya Laras dari Surabaya. Mau tanya masnya ke habis berapa utk trip ini? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sorry for late reply. Sekitar 1jutaan aja mbak, exclude tiket pesawat.

      Hapus
  10. Aslkm bang. Saya dayat dr padang. Emcna mau ke lombok tgl 24 april 2016. Kdtngn di lombok jam 7 malam. Rncan saya mau ke gili trwangan bang. Apa malam se malamnya saya bisa ke gli trwanagn bang? Mohon pncrahmya bang.
    Trima kasih bang.

    BalasHapus
  11. Aslkm bang. Saya dayat dr padang. Emcna mau ke lombok tgl 24 april 2016. Kdtngn di lombok jam 7 malam. Rncan saya mau ke gili trwangan bang. Apa malam se malamnya saya bisa ke gli trwanagn bang? Mohon pncrahmya bang.
    Trima kasih bang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo udah malem gitu ga bisa mas karena kapal dari bangsal ke gili cuma ada sampai sore. Saran saya, naik damri aja ke senggigi dan nginap semalam, besok paginya langsung naik taksi aja ke bangsal to catch first boat. CMIIW. Salam.

      Hapus
  12. Halo Andre
    Saya egi dari Batam, mau tanya kalo dari senggigi ke Bandara LOP, bisa naik damri juga ngga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry for late reply, Mas.
      Dari Senggigi ke LOP Airport ada damrinya juga mas.

      Hapus
    2. Damri bisa didapat setiap jam keberangkatan dengan harga sekitar 35.000,- per orang dari bandara ke senggigi atau sebaliknya

      Hapus
  13. catper nya keren bang... 👍
    teman2 travelers yg jadwalnya ketat dan butuh sewa mobil low budget, cek my profile ya... smpai jumpa di lombok. tks

    BalasHapus

don't forget to leave a comment